Selasa, 13 November 2012

TARI YAKU, KAOGE SAKU

Tari yaku, kaoge saku adalah judul dalam bahasa Wolio yang berarti Tarianku, Kebanggaanku. Cerpen ini saya ikutkan pada lomba menulis cerpen remaja tingkat SMA/MA Se-Kota Baubau. Dan alhamdulillah masuk nominasi 10 besar. Meskipun belum juara, tapi saya tidak akan putus asa untuk terus mengembangkan hobi menulis saya. Okey, berikut cerpennya.


     Suara  tabuhan  gendang  berirama  menggema  di  seluruh  sudut  ruangan.  Efa,  Hilda,  Riska,  Rahma  dan  Fira  dengan   lenggaknya  memperagakan  gerakan-gerakan  tari  Kalegoa. Alin  yang  sedang  duduk  di  atas  kursi  roda   memperhatikan  dengan  seksama.  Perlahan  rasa  bersalah  menyelimuti  hatinya.  Dilihatnya  gips  yang  kini  membungkus  kaki  kanannya.
    “Seandainya  kecelakaan  itu  tidak  perlu  menimpaku,  seandainya  aku  tidak  perlu  mengendarai  motor  sendiri,  seandainya  aku  terus  berkonsentrasi  pada  jalanan  di hadapanku,  seandainya  tidak  ada  kendaraan  lain yang  juga  ugal-ugalan.  Ah!  Sudah  terlalu  banyak   seandainya!”,  pekiknya  dalam  hati.
    Riska  yang  selesai  melakukan  gerakan  berputar,  mendapat  wajah  masam  Alin  yang  tertunduk.  Riska  tahu  pasti  Alin  sedang  memikirkan  kecelakaan  motor  dua  hari  lalu  itu  lagi.

    Riska  yang  pada  waktu  itu  juga  sedang  di  perjalanan  menuju  rumah  tiba-tiba  mendapat  sms  dari  Ibu  Alin  yang  mengatakan  bahwa   Alin  ditabrak  mobil  trek.  Riska  sangat  panik  dan  segera  menghubungi  anak  sanggar  yang  lain.  Diapun  segera  memutar  balik  mobilnya  menuju  rumah  sakit.
    Ibu  Alin  sedang  sesegukan  ketika  Riska  tiba  di  rumah  sakit.  Efa  sudah  tiba  disana  lebih  dulu,  dan  sedang  merengkuh  tubuh  Ibu  Alin,  mencoba  menenangkan  beliau.  Riska  menatap  pintu   ruang  UGD  yang  masih  saja  tertutup.  Tak  lama  kemudian  Hilda,  Rahma  dan  Fira  dating,  setengah  berlari  mendekat.
    “Bagaimana  keadaan  Alin?”,  Efa  menatap  Riska,  napasnya  masih  terengah-engah.  Ditatapnya  Ibunda  Alin  yang  sesegukan,  lalu  menatap  lurus  pintu  UDG  yang  bergeming.  Efa  menyerah.  Ia  tahu  jawabannya  dan  mengambil  posisi  duduk  di  samping  Hilda.
     Kurang  lebih  setengah   jam  berikutnya,  keluar  seorang  pria  paruh  baya  berjas  putih  dengan  kacamata  yang  bertengger  di  ujung  hidungnya  dari  ruang  UGD.  Sontak  kami  semua  berdiri. 
    “Bagaimana  keadaan  anak  saya,  Dok?”
    “Dia  belum  sadarkan  diri,  Bu.  Kaki  kanannya  patah,  mungkin  karena  tertimpa  motor  pada  saat  kecelakaan  itu,  tapi  kami  sudah  menanganinya.  Dan dia  harus  dirawat  inap  tiga  sampai  empat   hari  di  sini”.
    “Alin  tidak  perlu  kehilangan  kakinya  kan, Dok?”,  ucap  Hilda  panik.
    “Tentu  tidak.  Kami  sudah  memasang  gips  di  kakinya  dan  itu  akan  memperbaiki  keadaan  tulangnya  yang  patah  seperti  semula.  Hanya  saja  ini  akan  memakan  waktu  empat  bulan.  Setelah  itu,  baru  akan  dijalankan  terapi  untuk  berjalan  agar  kakinya  terbiasa.”
    “Empat  bulan,  Dok?  Apa  tidak  bisa  lebih  cepat  lagi?”,  kini  Riska  yang  berbicara.
    “Sebenarnya  semuanya  tergantung  proses  pemulihannya.  Jika  tulangnya  cepat  pulih,  berarti  akan  lebih  cepat  juga  Alin  bisa  berjalan”.
    “Apa  sekarang  kami  bisa  menengoknya,  Dok?”,  tanya  Ibu  Alin.
    “Iya,  silahkan.  Saya  permisi  dulu”.
    Riska  mendorong  pintu  bagi  Efa  dan  Ibu  Alin,  Rahma,  Fira  dan  Hilda  menyusul di  belakang.  Ibu  Alin  duduk  di  kursi  samping  tempat  tidur.  Ia  menggamit  tangan  anaknya  yang  kini  pucat  dan  dingin.  Dikecupnya  tangan  itu  lembut.  Tak  ada  aroma  parfum  Britney  Fantasy  di sana,  yang  tercium  hanya  aroma  khas  rumah  sakit.  Air  mata  beliau  pun  tumpah ruah,  tak  ada  suara,  bahunya  terguncang  keras.
    Riska  memeluk  Ibu  Alin.  Ibu  Alin  sudah  seperti  ibu  kandung  mereka  sendiri.  Beliau  lah  Ibu  sekaligus  pelatih  di  sanggar  tari  mereka,  juga  seorang  pewaris  gerakan  tarian  dari  kakek  Alin—sang  pendiri  sanggar  tari.  Ibunda  Alin  sengaja  meneruskan  sanggar  tari  tersebut  agar  tari-tarian  Buton  warisan  leluhur  tetap  dilestarikan  oleh  generasi  muda.  Beliau  yakin  bahwa  masih  ada  anak  muda zaman  sekarang  yang  tertarik  untuk  mempelajari  tarian-tarian tradisional.
    “Terima  kasih,  Nak.  Kalian  pulang  saja  nanti  orang  tua  kalian  khawatir,  Bunda  ga  enak”,  ucap  Ibu  Alin  pelan  sambil  mengusap  air  matanya.
     Mereka  bertukar  pandang  dan  akhirnya  mengalah.  Mereka  menyalimi  Ibu  Alin dan  pamit  pulang.  Keluar  dari  ruang  UGD,  Hilda  membuka  percakapan.
“Kasihan  Bunda”,  ucap  Hilda  parau.
      “Iya,  padahal  kan  Alin  anak  satu-satunya.  Cuma  dia  harapan  Bunda  untuk  nerusin  sanggar  lagi dan…jadi  penari  tentunya”,  tambah  Rahma.
    “Hussh!  Kalian  ini  ngomong  apa!  Optimis  dong,  Alin  bisa  sembuh  kok!  Aku yakin  nanti  Alin  bakal  jadi  penari yang hebat”,  ucap  Riska  berkoar-koar.
    “Dan  kita  juga!”,  timpal  Efa  dan  Fira  bersamaan  sambil  tersenyum.
    Mereka  berlima  kemudian  pulang  ke  rumah  masing-masing.

    Selama  tiga  hari  dirawat  inap  di  rumah sakit,  akhirnya  Alin  bisa  pulang.  Ibunda  Alin  menyiapkan  barang-barang  Alin untuk  dibawa  pulang.
     “Ibu,  maafin  Alin”,  suaranya  tercekat,  Ia  tertunduk.
     “Maaf  atas  apa,  Nak?  Alin  ga  salah  apa-apa  sama  Ibu”.
     “Tapi  Alin  udah  ngancurin  harapan  Ibu.  Alin  ga  bisa  nari  lagi  dengan  kondisi  kaki  seperti  ini,  Bu.  Kaki  Alin  masih  lama  sembuhnya,  sementara  Festival   Pulau  Makassar  udah  dekat,  Bu”,  ujar  Alin putus asa.  Hatinya  sakit  bila  harus  mengecewakan  Ibunya.
     “Alin  pasti  sembuh.  Alin  harus  sembuh  buat  Ibu  yah”,  ucap  Ibu  Alin  pelan  lalu  merengkuh  tubuh  putrinya  itu.
     “Alin  janji  akan  menjadi  seseorang  nantinya.  Hanya  untuk  Ibu”.  Alin  mengeratkan  pelukannya.

     Hari  demi  hari  berlalu.  Sudah  selama dua  bulan  Alin  terduduk  di  kursi  roda.  Dan  selama  itu  pula  para  penari  di  sanggar  tari  milik  Ibunya  semakin  rutin  untuk berlatih  gerakan  tari-tari  tradisional.  Mulai  dari  tari  pertunjukan  seperti  tari  Linda  dan  tari  Kalegoa,  tari  pergaulan  seperti  tari  Alionda,  tari  Wabelo  dan  tari Bosu,  dan  tari  hiburan  seperti  tari  Lariangi.  Kebanyakan  tarian  ini  melibatkan  remaja  putri.  Hanya  tari  Alionda  yang  termasuk  tari  berpasangan.
     “Baiklah  anak-anak,  sekarang  Bunda  akan  memilah-milah  kalian  untuk  masuk  dalam  tarian  apa  nantinya.  Efa,  Hilda,  Rahma,  Riska,  Fira,  dan  Alin,  kalian  khusus  menjadi  penari  tari  Kalegoa…”
     “Maaf  Ibu,  Alin  kan  ga  bisa  nari”,  Alin  memotong  pembicaraan  Ibunya.
     “Masih  ada  waktu  satu  bulan  lagi, Lin.  Ibu  yakin  kamu  bisa  sembuh  dalam  kurun  waktu  itu.  Lagipula  Alin  udah  hafal  gerakan  untuk  tari  Kalegoa”,  tutur  Ibunya  lembut.
     “Iya  Bu,  tapi…”  omongannya  kembali  tertelan  melihat  senyum  pengharapan  dari  Ibu  dan  teman-temannya.
     Alin  belajar  optimis  ketika  semua  tumpuan  harapan  itu  dijatuhkan  padanya.  Meskipun  Ia  sendiri  tak  yakin  akan  sembuh  secepat  kilat.  Ia  tersenyum  miris melihat  kakinya  yang  dibalut  gips.  Masih ngilu  bila  dipaksa  untuk  bergerak, gumamnya dalam hati.

     Setiap  usai  latihan,  Ibu  Alin  menyempatkan  untuk  mengantar  Alin  ke  rumah  sakit  untuk  mengontrol  perkembangan  kakinya.  Dan  hari  ini,  gips  di  kaki  kanan  Alin  akan  dibuka.
     “Kaki  Alin  sebentar  lagi  sembuh,  dan  kembali  normal.  Hanya  perlu  latihan  berjalan.  Mungkin  pada  saat  berjalan  memang  masih  ngilu  dan  sering  kram,  tapi  Alin  harus  lawan  rasa  sakitnya  agar  kakinya  terbiasa”,  ujar  Dokter.
     Alin  tersenyum  bahagia.  Sebentar  lagi  kakinya  akan  sembuh.  Itu  tandanya  dia  bisa  menari  lagi  dan  turut  memeriahkan  Festival  Pulau  Makassar.  Baginya,  itu  adalah  sesuatu  hal  yang  bisa  membuatnya  bangga  karena  bisa  memamerkan  tari-tari  tradisional  Buton  kepada  masyarakat  setempat  maupun  masyarakat  pendatang.

     Kurang  dari  satu  minggu  lagi  pembukaan  Festival  Pulau  Makassar  berlangsung.  Riska  dan  penari-penari  lainnya  sedang  memperlancar  lagi  gerakan  tari  Kalegoa.
Sebenarnya  tari  Kalegoa  adalah  suatu  tari  tradisional  yang  menggambarkan  suka  duka  gadis-gadis  Buton  sewaktu  dalam  pingitan  atau  posuo  dengan  spesifikasi  berupa  gerakan  memakai  sapu  tangan.  Posuo sebagai suatu arena tempaan adat bagi mereka yang diikat dengan aturan dan tata krama serta sopan santun yang ketat untuk meninggalkan masa kegadisan bebas dan gembira karena telah dewasa dalam tempaan serta siap menerima kenyataan hidup.
     “Hai  semua”,  sapa seseorang  dari  ambang  pintu.
     Semua  mata  mencari  sumber  suara,  mendapati  bahwa  pemiliknya memasang  cengiran  kelinci.  Alin  berdiri  dengan  kedua  kakinya  tanpa  kursi  roda  lagi.
     “Ayo  kita  latihan,  waktunya  udah  mepet  banget  nih”,  ujarnya  sangat  ceria.
     Semua  orang  masih  terdiam  memperhatikannya,  tapi  sang  penabuh  gendang  mulai  menabuh  lagi  gendangnya.  Alin  pun  segera  masuk  kedalam  barisan  dan  melenggakkan  badannya  memperagakan  tari  Kalegoa.  Teman-temannya  pun  langsung  mengikuti.   Mereka  sangat  lincah.  Alin  sangat  bahagia  bisa  kembali  membaur  dalam  kelompok  tarinya.  Ia  tentu  saja  berharap  bisa  menampilkan yang  terbaik  nantinya.

     Di  ruangan  kecil  dengan  cahaya  temaram,  Alin  sedang  menatap  dirinya  lekat  dalam  sebuah  cermin. Wajahnya  dipoles  dengan  make  up  yang  khas,  rambut  panjangnya  yang  biasanya  terjuntai  kini  disanggul,  Ia  juga  mengenakan  pakaian  adat  Buton—baju  Kombo.
    Baju  Kombo  adalah  pakaian  kebesaran  kaum  wanita  Buton.  Bahan  dasar  baju  adalah  kain  satin  dengan  warna  dasar putih,  penuh  dihiasi  dengan  manik-manik,  benang-benang  berwarna  yang  biasanya  terdiri  dari  benang  emas  atau  benang  perak  serta  berbagai  ragam  hiasan  yang  terbuat  dari  emas,  perak  maupun  kuningan.
    Pakaian  ini  terdiri  dari  satu  pasang,  bagian  atasan  adalah  baju  dengan  bawahan  sarung  yang  disebut  Bia  Ogena  (sarung  besar).  Bia  Ogena  adalah  sarung  yang  terdiri  dari gabungan  beberapa  macam  warna  polos  seperti  merah,  hitam,  hijau,  kuning,  biru  dan  putih  dan  dijahit  secara  bertingkat-tingkat.
    Pada  permukaan  baju  dijahitkan  rangkaian  manik-manik  dengan  formasi  belah  ketupat.  Pada  setiap  petak-petak  belah  ketupat  terdapat  hiasan  dari  perak  atau  kuningan  dengan  motif  Tawana Kapa  (daun  kapas)  dan  pada  ujung  daun  kapas  tersebut  dijahitkan  sekuntum  bunga  yang  berdiri  tegak.
    “Sebentar  lagi”,  gumamnya  setelah  melirik  jam  tua  di  sudut  ruangan  itu.
    Hari  ini  adalah  hari  yang  paling  di  nantikan  Alin  dan  teman-temanya.  Mereka  akan  menampilkan tari Kalegoa  untuk  memeriahkan  pembukaan  Festival  Pulau  Makassar.  Pembukaannya  berlangsung  di  Bukit  Kolema  (Wantiro).
    Jalanan  menuju  ke  Wantiro  sangat  padat.  Banyak  orang  yang  ingin  menonton  dan  melihat  Festival yang  hanya  diadakan  setahun  sekali  ini,  baik  pendatang  maupun  penduduk  Baubau  sendiri.
    Alin  dan  teman-temannya  keluar  dari  mobil  dan  langsung  diterpa  angin  laut   sepoi-sepoi.  Mereka  menunggu  giliran  tampil  di  belakang  panggung  bersama  pengisi  acara  lainnya.
    Sebelum  tampil  mereka  tak  pernah  lupa  untuk  berdoa  kepada  Allah SWT  agar  diberikan  kemudahan  dan  kelancaran.
    “Persembahan  tari  Kalegoa  oleh  sanggar  tari  Keraton  Buton”,  suara  MC  menggema  dan  mereka  segera  naik  ke  atas  panggung  diiringi  tabuhan  gendang.  Dan  mulailah  mereka  menari.  Satu  persatu  gerakan  ditarikan  dengan  lincah  tetapi  tetap  lentur.  Mereka  memang  sudah  terbiasa  untuk  tampil  di  muka  umum,  jadi  semua  merasa  percaya  diri  dalam  memperagakan  setiap gerakan  tarian.
    Setelah  kurang  lebih  tujuh  menit,  kemudian  berakhirlah  tarian  mereka  yang  disambut  dengan  tepuk  tangan  yang  sangat  meriah.  Mereka  memberi  hormat  dan  turun  dari  panggung.
    Rasa  lega,  puas,  bahagia  dan  bangga  mereka  rasakan.  Selesai  sudah  tugas  mereka  untuk  menghibur  dan  menampilkan  kebudayaan  Buton.  Tak  ada  lagi  beban  khusus  bagi  mereka.  Tugas  mereka  kini  hanya  tinggal  memperdalam  dan  terus  melestarikan  tarian-tarian  tradisional Buton,  karena  suatu  kebudayaan  suatu  daerah  merupakan  cirri  khas  daerah  itu  sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Faisyah Febyola : )

Powered by Blogger